Jangan Susah Karena Pandemi, Ini Peluang Usaha Online yang Bisa Dijajaki

Wabah korona sudah berlangsung sekitar satu tahun. Bukan hanya di kancah nasional, tapi juga berskala global, maka semua orang wajar jika terdampak oleh pandemi tak terduga ini. Cara orang berinteraksi jadi berubah, termasuk cara kita dalam mencari rezeki. Anak-anak belajar di rumah dan tak sedikit orang yang bekerja dari rumah alias WFH (Work from Home). Meskipun ekonomi sepertinya berjalan lambat, dan sejumlah pegawai terkena PHK, itu tak berarti peluang sukses tertutup. Justru saat inilah banyak produk atau jasa yang bisa kita manfaatkan sebagai peluang yang menjanjikan.

Salah satu kesempatan itu datang dari ranah digital yang kian lama seolah tak terbendung. Peluang usaha online tahun 2021 masih terbuka lebar. Bukannya meredup, tapi justru membuncahkan pintu peluang nyaris tak terbatas. Betapa tidak, dengan adanya pandemi orang justru lebih banyak bertransaksi secara digital ketimbang berbelanja secara daring atau offline. Apakah kita akan melepaskan begitu saja kesempatan meraup sukses berkat kecanggihan Internet?

Optimalkan produk lokal

Salah satu peluang usaha online terletak pada potensi produk lokal yang sangat kaya dan unik di seluruh Nusantara. Kita mungkin akan kesulitan menyebutkan khazanah lokal setiap daerah lantaran begitu banyaknya. Inilah yang ditangkap oleh Edo, lelaki asal Pekalongan yang justru merintis usaha saat pandemi melanda. Adalah sarung batik yang menjadi fokusnya.

1 | Sarung batik sangat menarik

Dia terdorong membangun usaha ini sebab banyak pengrajin batik cap yang kehilangan pekerjaan selama pandemi berlangsung. Dengan iktikad mempertahankan kekayaan daerah, ia pun memancangkan bendera sarung batik khusus untuk laki-laki. Sarung batik untuk pria belum banyak digarap, selama ini hanya daster wanita yang cukup merajelala. Bagaimana respons pasar?

Walaupun baru berjalan selama 6 bulan, Edo menuturkan bahwa produknya disukai konsumen. Bukan hanya pembeli lokal, tapi juga mencapai Malaysia dan Singapura. Nah, penjualan terbesar (mencapai 90 %) sarungnya berasal dari digital transaction di mana 70% di antaranya diraup dari website resmi yang mereka kelola. Ini menandakan konsumen mulai menggemari digital shopping karena berbagai alasan.

Pertama, transaksi cepat dan praktis. Pembayaran aman dan mereka tinggal menunggu di rumah begitu barang dikirimkan oleh penjual. Kedua, lebih hemat; tanpa harus keluar rumah, tanpa perlu merogoh kocek buat uang parkir, tanpa berpanas-panas, barang bisa mereka nikmati. Apalagi selama pandemi begini, tentu lebih asyik kalau kita lebih banyak berada di rumah, ya kan?

Website resmi sarung batik ini memang terbilang atraktif. Sangat memikat dari penampilan, dengan layout yang dinamis dan ragam pilihan barang yang mudah dimasukkan ke dalam keranjang. Apalagi Sarung Tentrem menawarkan cara pembayaran yang beragam, mulai dari transfer ke rekening bank, lewat kartu kredit, hingga lewat dompet digital (e-wallet) dan gerai minimarket. Kemudahan itu membuat konsumen tak ragu bertransaksi secara langsung di website sebab sudah langsung dihitungkan ongkos kirimnya.

2 | Kopi daerah bisa berjaya

Sebab tak mengerti persarungan, maka saya memanfaatkan potensi lokal lain untuk dijual yakni kopi. Sebagai pencinta kopi, saya merasa bersemangat memasarkan kopi yang dihasilkan dari kaki Gunung Anjasmoro, tepatnya di Wonosalam, Jombang. Kopi jenis Ekselsa ini memiliki ciri khas unik yakni ada rasa fruity saat dicecap di ujung. Seperti nangka atau durian, tergantung jenis buah-buah yang tumbuh di sekitar pohon kopi di sana.

Kopi ini adalah usaha bersama dengan seorang teman yang merupakan warga setempat. Dengan memasarkan Kopi Jola-Joli, saya bukan hanya menyalurkan hobi seputar kegemaran kopi, tetapi juga membantu kesejahteraan petani lokal yang sulit menembus pasar akibat terbatasnya perangkat. Dengan berbekal tekologi informasi, saya pun mengemas kopi dan menawarkannya di marketplace dengan pertimbangan biaya yang relatif rendah, bahkan free sama sekali.

Sebenarnya respons yang kami dapatkan cufkup positif, dengan habisnya stok hingga saat ini. Betapa tidak, keunikan kopi ini lantaran diolah secara tradisonal dalam skala rumahan alih-alih industri besar yang membuat kami attention to detail walaupun produksi tidak bisa banyak. Keterbatasan produksi salah satunya juga disebabkan ketersediaan bahan karena jumlah pohon kopi ekselsa yang tidak sebanyak robusta atau arabika.

Yang menjadi kendala adalah pergerakan penjualan agak lambat karena masih bergantung sepenuhnya pada marketplace yang cenderung pasif. Tak banyak yang bisa dilakukan dibanding jika kami memiliki situs atau website sendiri. Dengan website cantik seperti milik Sarung Tentrem, kami yakin penjualan bisa didongkrak lebih tinggi lagi. Apalagi Membuat Website kini semakin mudah tanpa menuntut kita menjadi ahli terlebih dahulu. Tinggal mengandalkan penyedia hosting dan domain yang bisa menyulap keinginan kita menjadi kenyataan. Sesuai kebutuhan, sesuai dengan anggaran.

3 | Penerbitan buku

Tak punya barang sebagai produk untuk dijual? Tidak masalah. Jasa juga laku kok dipasarkan di Internet. Salah satunya jasa penerbitan buku indie yang kini semakin marak. Memang seiring pandemi yang tak kunjung terhenti, bisnis penerbitan mengalami kelesuan. Akan tetapi, dengan kejelian program dan inovasi yang memenuhi kebutuhan pelanggan, indie publishing bisa menjadi sumber pemasukan yang menggiurkan.

Contohnya seorang teman di Bogor yang hingga kini aktif mengelola bisnis penerbitan. Semula bisnis dirintis waktu ia tinggal di Jakarta Barat, lalu ia seriusi saat pindah ke Bogor, Jawa Barat. Dari penerbitan, usahanya merambah penjualan buku cetak dari berbagai penerbit terkemuka. Ia kemudian menjalankan dua web sekaligus, satu untuk bisnis penerbitan dan satu lagi untuk toko buku online. Tak genap 5 tahun, satu unit mobil bisa ia beli dari kantongnya sendiri. Walau bukan mobil baru, tapi itu prestasi tersendiri mengingat pesanan terus berdatangan, terutama penerbitan buku untuk para dosen atau kalangan pendidik.

4 | Penerjemahan

Bisnis jasa yang tak kalah potensial untuk dikerjakan saat ini dan nanti adalah penerjemahan bahasa asing. Belum lama ini saya baru saja menuntaskan penerjemahan laporan tahunan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang agrikultur yang berasal dari Belanda. Tahun lalu saya dan seorang teman mendapat proyek untuk menerjemahkan laporan keuangan sebuah bank swasta dengan fee yang sangat memuaskan.

Kendalanya bukan pada kesulitan proyek, tetapi pada kontinuitas order. Andaikan order itu ada terus, maka pundi-pundi uang bisa cepat menggunung. Tak perlu cari pekerjaan sampingan, cukup dengan menerjemahkan. Setelah kami pikirkan, kemungkinan besar adalah lantaran kami bekerja secara sporadis. Hanya getok tular lewat testimoni klien secara pribadi.

Mestinya kami punya website khusus untuk menawarkan jasa sekaligus memajang portofolio kami. Kami akhirnya mengibarkan nama Exacto sebagai label usaha penerjemahan yang diambil dari bahasa Spanyol, artinya tepat. PR kami saat ini adalah memilih domain yang pas dan menghimpun tim penerjemah agar kami dapat mengemban tugas dengan cepat jika sewaktu-waktu datang order dalam jumlah banyak. Bukan apa-apa, pengalaman membuktikan kalau kapasitas pribadi ada batasnya. Tak mungkin bisa menggarap semuanya sendirian. Mumpung lagi luang, siapa tahu bisa Beli Hosting Gratis Domain, ya enggak? 

5 | Konsultan online

Menjadi konsultan bisa kita jajaki sebagai salah satu peluang usaha online masa kini. Kita tahu sekarang semuanya tak harus bertemu muka berkat kecanggihan teknologi. Namun jika memungkinkan, tak ada salahnya menjumpai murid secara langsung. Seperti Mbak Kiki, bloger di Jakarta Timur yang menjadi konsultan penulisan untuk seorang anak didik yang mengidap sindrom Asperger. Ini memang pengecualian sebab sindrom ini menuntut pengajaran secara langsung–apalagi mereka tinggal berdekatan.

Jika punya kemampuan tertentu, kita bisa menjajakan keterampilan lewat blog atau website khusus. Kelas bisa dilakukan lewat Zoom ataupun Google Meet untuk pengguna yang ingin belajar atau memperdalam sesuatu. Akan tetapi, keberadaan blog akan mempertegas komitmen kita sebagai konsultan yang serius. Di blog itu bisa kita tampilkan testimoni pelanggan atau klien yang puas menggunakan jasa kita. Bahkan perencana keuangan (financial planner) pun bisa menggunakan web khusus untuk memasarkan jasanya yang kini semakin penting–terutama untuk kebutuhan inevstasi.

6 | Blog monetizing

Mendulang keuntungan dari blog atau yang akrab disebut dengan blog monetizing kini bisa menjadi peluang usaha online yang menjanjikan juga. Dalam hal ini saya jadi tergerak untuk mengelola beberapa blog sekaligus sebagai pundi-pundi yang akan menelurkan pemasukan aktif ataupun pasif. Blog yang saya jagokan sebagai sumber monetisasi lewat AdSense adalah Mister Blangkon, yakni situs belajar bahasa Jawa khusus untuk pembaca asing. Oleh karena itulah saya tulis dalam bahasa Inggris. Selain berlatih berbahasa Inggris, saya patut mengharap keuntungan pada saatnya nanti.

Blog kedua (English Tactic) adalah blog gratisan yang berisi idiom-idiom bahasa Inggris yang biasanya ditemukan oleh pelajar Indonesia. Oleh karena itulah isinya saya tulis dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Blog berikutnya yang saya ingin monetize adalah hudu (who-do) yang saya proyeksikan berisi kisah-kisah orang inspiratif. Seperti single mom yang sukses, rekan bloger yang punya yayasan sosial pendidikan, pebisnis kecil yang ulet, dan sebagainya.

Blog utama tetaplah Blog Belalang Cerewet (BCC) karena memang paling awal saya rintis. Blog ini boleh dibilang menjadi mesin uang saya hingga kini. Tak rugilah jika saya terus memperpanjang domainnya. Pesanan menulis atau content placement selalu ada untuk blog ini. Selain itu, blog ini sering sekali menjadi sarana saya memenangi berbagai lomba yang hadiahnya cukup untuk membuat dapur terus berkepul.

Sedangkan dua blog lainnya saya manfaatkan untuk publikasi berbagai kegiatan sosial dari komunitas yang saya ikuti yakni Nasi Bungkus Community. Lewat komunitas sosial ini saya juga bisa berjejaring dengan kenalan baru dan mendapat orderan job yang tak terduga. Intinya, blog masih terus menjanjikan asalkan punya kredibilitas dan konsistensi, demikian ujar Wisnu Nugroho–pemred Kompas.com dalam sebuah kesempatan webinar beberapa waktu lalu.

7 | Pemasaran properti

Walau terdampak cukup parah, nyatanya bisnis properti tetap berjalan. Seorang teman di Lamongan malah terus bergeliat menawarkan aneka rumah dari developer baru di berbagai lokasi. Aktivitas pemasarannya selama ini baru melalui grup-grup WhatsApp yang menurut saya kurang efektif. Jika tidak aktif membagikan informasi, maka peluang rezeki akan terhenti. Berbeda dengan jika kita memiliki portal khusus untuk men-display berbagai produk properti di berbagai kota.

Ya, betul. Seorang teman di Bogor yang saya sebutkan memiliki bisnis penerbitan ternyata juga menjajaki bisnis properti. Lebih tepatnya pemasaran properti karena ia hanya mendaftar properti orang yang dijual lalu menyebarkannya di portal-portal tertentu. Dengan blog atau website khusus, calon pembeli akan punya banyak pilihan dan jangkauan wilayah lebih luas. Lebih prestisius dan bahkan menarik iklan.

8 | Affiliate marketing

Peluang usaha online lain yang juga mudah untuk meraup keuntungan selama masa pendemi adalah mengikuti program affiliate marketing. Seperti namanya, program ini memungkinkan kita mendapatkan komisi jika kita sanggup menjual produk atau jasa milik orang lain. Kini banyak program afiliasi pemasaran yang tersedia di jagat Internet. Salah satu Program Afiliasi Terbaik dipersembahkan oleh Exabytes Indonesia. Bukan kecap sembarang kecap ya teman, tapi karena Exabytes memang layak diandalkan dalam program affiliate marketing setidaknya karena beberapa hal berikut ini.

Alasan pilih Exabytes

1 | Komisi Besar; komisi yang bisa kita dapatkan mencapai 25% hanya dengan mereferensikan Exabytes. Sangat besar kan padahal nyaris tanpa modal? Dimulai dari Rp1.200.000, siapa yang tidak kepincut?

2 | Tanpa Limit Referal; Exabytes tak memberlakukan limit yang bisa kita dapatkan. Semakin giat kita, maka semakin besar pula komisi yang potensial kita peroleh. Masih malas?

3 | Pembayaran Cepat; ini yang jadi momok orang modern. Biasanya mereka takut pembayaran ditangguhkan padahal sudah dibutuhkan. Nah, Exabytes langsung membayarkan akumulasi komisi setiap awal bulan.

4 | Merek Ternama; merek Exabytes adalah jaminan mutu sebab ia sudah menggeluti bisnis web hosting selama lebih dari 15 tahun. Pengalamannya terbukti memuaskan pelanggan dengan diraihnya aneka penghargaan yang jelas akan menjadi modal untuk menjual nama mereka yang kredibel dan tepercaya.

5 | Pelacakan yang akurat dan detail; pelacakan berlangsung optimal sehingga kita dengan mudah mengecek jumlah penghasilan yang telah kita kumpulkan. Bahkan pelacakan meliputi 90 hari masa berlaku Browser Cookie. Tuntas dan lugas, mau?

6 | Dukungan Tim Support; tinggal daftar dan aktifkan program afiliasi dan support. Kalau ada kendala, jangan ragu menghubungi tim afiliasi Exabytes yang siap sedia membantu. Tak perlu ahli kok untuk meraup rezeki, betul tidak?

Dengan komisi hingga 25 %, apakah masih mau berpangku tangan dan tidak mengikuti program Afiliasi Hosting Exabytes? Langsung daftar sekarang agar dapat merasakan manfaat instan hanya dengan mereferensikan Exabytes ke teman dan kenalan kita. Coba screening siapa kenalan atau relasi kita yang berpotensi membutuhkan website untuk memajukan usaha mereka. Kalau saya sih sudah dong, dan langsung diganjar credit balance senilai Rp50.000. Sudah saya pasang di beberapa blog dan tinggal tunggu hasilnya. Gampang kan?

9 | Toko herbal dan produk kecantikan

Nah, peluang terakhir yang bisa kita jajaki adalah membuka toko online yang khusus menjual herbal, obat-obatan, atau penunjang kesehatan dan terutama produk kecantikan. Selama pandemi, kebutuhan pada bidang ini meningkat tajam loh. Kita tahu bahwa mengonsumsi jamu atau ramuan herbal akan mampu meningkatkan imunitas tubuh yang berdampak pada ketahanan dari serangan virus. Madu, jamu herbal, dan multivitamin sangat cocok dijual saat ini.

Belum lagi produk kecantikan yang selalu dibutuhkan oleh kaum wanita. Bukan hanya saat wabah, tapi sampai kapan saja. Para wanita atau kaum hawa ingin selalu merawat tubuhnya dengan sempurna. Walaupun tinggal di rumah atau stay at home, itu tak menghalangi niat mereka untuk meremajakan diri demi suami atau calon pasangan kelak. Sebab kesehatan tubuh akan membangkitkan kepercayaan diri, dan akhirnya berkontribusi dalam mendongkrak produktivitas sehari-hari. Wajah cerah bisa dibangun lewat konsumsi herbal dan perawatan kulit secara memadai.

Jadi, masih mau ongkang-ongkang kaki sambil berkhayal mendapat bintang jatuh? Ini saatnya bangkit dan memanfaatkan peluang usaha online yang ternyata banyak sekali, sembilan di antaranya telah saya sebutkan. Tinggal pilih dan eksekusi sesuai minat atau preferensi. Beli domain murah sebagai langkah awalnya. Jika tak cocok, bisa kita pilah di bidang lain yang saya yakin tak sedikit jumlahnya. Yang penting optimistis, terus belajar, dan gunakan Internet untuk berjualan agar rezeki tetap mengalir lancar meskipun kondisi seolah bikin gemetar.

50 thoughts on “Jangan Susah Karena Pandemi, Ini Peluang Usaha Online yang Bisa Dijajaki

  1. Alhamdulillah ya, Mas Rudi. Walau masih pandemi, tetapi tetap ada harapan dan celah untuk berusaha, sambil terus berdoa, semoga pandemi segera berakhir.
    Saya pun begitu, Alhamdulillah sampai sekarang masih mengandalkan kelas menulis Kurcaci Pos, lalu job-job online, termasuk job di blog. Saya juga sekarang lagi mencari-cari usaha lain yang cocok dengan pasion saya.
    Sukses untuk Kopi Jola-Joli, Mas Rudi.

    Like

    1. Betul, Mas Bam’s. Masih banyak peluang yang bisa kita manfaatkan untuk meraup rezeki terutama di ranah online. Kuncinya ya membuka mata dan menambah jejaring agar peluang itu hadir dan bisa kita akses. Saya job editing menipis tapi menulis di blog masih jalan walau tak sebanyak dulu. Kopi semoga bisa restok lagi, maturnuwun.

      Like

  2. Banyak peluang rupanya ya Mas.. Mulai dari bisnis berupa barang, usaha dalam bentuk jasa dan skill juga jadi. Ini bisa benget kalau kita pandai mencari peluang. Kreatif dan inovatif.

    Like

    1. Iya, Mbak Iim. Harus yakin sih intinya bahwa kesempatan masih selalu ada asal kita serius mencari. Barang dan jasa sama menjanjikannya kok, yang penting dikemas bagus dan ditawarkan ke pasar yang tepat. Syukur-syukur punya skill khusus, itu bisa jadi nilai tambah.

      Like

  3. wahh mantap banget ini mas rudi
    sebenarnya menghasilkan uang dari rumah itu banyak peluangnya.
    tinggal bagaimana kita bisa mengelolah nya ya mas…
    wah aku jadi pgn beli kopi jola joli
    tak japri ya nanti

    Like

    1. Benar, Mbak Dee. Ada saja celah yang bisa kita sulap menjadi sarana mendulang rezeki. Peluang online kan nyaris tak terbatas, banyak banget yang bisa diolah. Monggo borong kopinya. 🙂

      Like

  4. Banyak banget peluang usaha selama Pandemi. Bisnis skincare dan kuliner aku lihat makin menjamur aja selama pandemi. Ibu-ibu udah mulai menjajakan cemilan dengan target pasar masing-masing asal masih bisa menyambung hidup. Tutor online juga bisa jadi peluang nih untuk dapat masukan.

    Like

    1. Banyak, Kak Jasmi, sama banyaknya dengan alasan untuk enggak maju, hehe. Malas sih biasanya masalahnya padahal semua sekarang bisa di-online-kan, jadi serbapraktis dan cepat. Pemasaran dan pembayaran tanpa kendala, duit cepat terkumpul, bahkan barang ga harus punya kita sendiri ya kan? Camilan dan tutor online bisa banget tuh asalkan serius bikin portofolio di web/blog, insyaallah banyak konsumennya.

      Like

  5. Meskipun pandemi, banyak peluang yg bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan ya. Intinya jeli melihat peluang, kemudian kerjakan dengan sungguh2. Trima kasih utk sharingnya

    Like

    1. Jeli dan kreatif, Mas, insyaallah jalan terbuka lebar. Sekarang era digital kan, apa saja bisa dijual di Internet. Berbekal blog atau website, barang dan jasa bisa menjangkau pasar yang luas. Asyik banget kan? Yuk bikin toko online!

      Like

  6. paket komplit deh, jika kita mau bantu orang usahanya atau buat usaha terus memasarkan agar mendapatkan peluang yang besar dan bisa menghasilkan uang. Hidup harus bisa berinovasi dan cerdas menghasilkan uang di saat pandemi ini.

    Like

    1. Sepakat, Mas. Jualan online sekarang makin mudah–pakai website dan blog harganya juga makin terjangkau. Jadi ga ada alasan buat mengeluh padahal banyak barang yang bisa ubah jadi peluang usaha online. Semoga pandemi cepat berlalu.

      Like

  7. Harus move on ya untuk bangkit berjuang meski sedang pandemi dengan memanfaatkan jaringan internet maupun website alias via daring. karena bisnis online ini jadi solusi jitu yang bermanfaat agar tetap survive

    Like

    1. Ya, Kak. Jangan patah arang atau menyerah karena potensi dunia digital masih terbukaa lebar. Peluang usaha online banyak banget yang bisa digarap, pakai website atau blog bisa banget. Yuk semangat!

      Like

  8. Bener-bener nih, walaupun di rumah saja, melalui internet banyak sekali peluang yang bisa kita gali. Sekarang semua serba online.
    Keren nih Exabytes menawarkan program afiliasi hingga desain web. Pilihannya banyak pula…

    Like

    1. Iya, Mbak Hani. Peluang hakikatnya selalu ada asal kita jeli mencari. Apalagi pas pandemi, mestinya banyak yang bisa dikulik buat jadi usaha produktif di rumah. Pakai online semuanya jadi praktis, cukup beli domain dan hosting beres deh!

      Like

  9. Mantaapp, mas Rudy. Peluang ada di mana-mana, tinggal kitanya mau berusaha ya. Salut banget, Mas, ngelola blog dan usaha ini itu segitu banyaknya. Harus banyak berguru ini.

    Liked by 1 person

    1. Begitulah adanya, asalkan mau berusaha, saya yakin selalu ada peluang yang bisa dimanfaatkan, terutama peluang usaha online yang semakin mudah dan praktis. Tinggal di rumah berbekal website atau blog pun bisa sukses ekonomi, yuk yuk!

      Like

    1. Mantep nih pilihan peluangnya banyak dan menggiurkan. Aku sampai bengong liat daftar blognya. Banyak banget! Pokoknya apapun pilihan bisnis onlinenya yang penting konsisten ya.

      Liked by 1 person

  10. Yes, memang banyak peluang untuk bisnis obline ya kak. Nggak hanya fokus pada jualan produk makanan-minuman atau pakaian saja, tapi lebih luas dari itu sangat terbuka lebar.

    Like

  11. Peluangnya banyak ya? Dan itu sebenarnya ada sejak dulu hanya sekarang lebih menguat karena kebutuhan juga meningkat. Allah memang Maha Adil saat kita kesulitan pada satu hal, ternyata banyak kemudahan terbuka pada sisi lainnya. Masya Allah

    Like

    1. Iya, Mbak Sita. Banyak pintu tertutup tapi pada saat bersamaan juga ada pintu yang dibuka. Kita bisa memanfaatkannya asalkan mau melihat dan bergerak. Peluang bisnis online memang potensial dengan keuntungan finansial yang besar. Jangan sampai tidak dipakai ya karena tren memang ke arah digital semua.

      Like

    1. Selama hayat masih dikandung badan, masih terbuka banyak jalan. Begitu petuah dari sespuh, Kak, hehe. Ayo manfaatkan peluang usaha online yang gampang dan praktis. Modal terjangkau, pekerjaan bisa dari rumah. Sekalian bantu jualkan produk tetangga pun bisa banget.

      Like

  12. Banyak ya Mas, peluang menghasilkan uang dari dunia daring, salah satunya dengan memonetisasi personal blog ya. Btw saya yang belum pernah nyoba yg affiliate marketing. wah boleh juga nih daftar jadi di program affiliate marketing di Exabyte yaa

    Liked by 1 person

    1. Langsung saja bikin akun dan daftar program affiliate marketing di sana, Mbak. Lumayan kalau dapat komisi. Tinggal sebar link-nya aja. Sambil belajar usaha online.

      Like

  13. Menarik banget mas tulisannya. Sarungnya motifnya bagus banget, dan aku tertarik juga membuat website jasa yang kita punya ilmunya. Meski belum terlalu kepikiran sih mau bikin jasa penulisan kah atau gimana. Tapi soal herbal itu aku sebenarnya suka jualan, cuma kayak belum ada tenaganya, wkkka maklum anak 3 yg 1 msh bayi. Bisa ngegola 1 blog dan 5 medsos ku aja udah alhamdulillah banget. Cuma buat pemasukan tambahan yg alhamdulillah lbh dari cukup

    Like

    1. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca, Mbak Dian. Memang bagus motif dan warna sarung Tentrem, tak heran konsumen menggandrunginya. Ayo Mbak Dian kan punya keahlian, bikinlah website khusus buat menjual jasa Mbak secara online. Sambil mengasuh anak-anak di rumah bisa tetap produktif. Lambat laun bisa merambah ke bisnis herbal dengan menyewa tenaga lain buat membantu agar enggak keteteran. Semoga sehat selalu ya Mbak bersama si baby. Lancar dan sukses usahanya!

      Like

  14. Komplit banget mas Rudi. Dan banyak peluang baru yang bisa dimanfaatkan selama pandemi. Kuncinya gerak ya. Pasti bakal ada jalan

    Like

  15. setuju ya mas
    sebenarnya peluangnya sih banyak
    hanya saja kita yang perlu jeli dan pandai dalam memanfaatkan peluang yang ada

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s