Jurus Produktif Saat Pandemi

Apa saja jurus efektif agar kita tetap produktif di era disruptif saat ini? Ditambah pandemi yang tak kunjung terhenti, tentu beban yang kita tanggung bisa bikin berat hati. Ekonomi terdampak serius yang membuat pemasukan menurun drastis. Wabah yang telah mendera dunia selama beberapa bulan terakhir memang luar biasa imbasnya. Bukan hanya pelaku usaha, pegawai tetap maupun freelancer pun harus putar otak agar bisa survive.

Rasanya godaan begitu besar untuk menyalahkan keadaan atau menimpakan kesalahan pada orang lain. Tak bisa dimungkiri pandemi tahun ini memang anomali. Berlangsung lama dan datang begitu tak terduga. Alih-alih mengutuk diri sendiri karena berbagai keterbatasan, kita bisa memilih untuk tetap hidup produktif dengan jurus atau kiat yang tepat. Tak perlu berkecil hati atau putus harapan terlalu lama. Bangkitlah dengan menerapkan beberapa jurus berikut agar hidup tetap bahagia walau kita mungkin menderita. Bangun kepercayaan diri agar tampak wajah cerah sebagai tanda kita tak menyerah.

Jurus produktif saat pandemi

1| Tentukan target

Goal atau target sangatlah penting dalam hidup. Tanpa target atau impian yang jelas, hidup akan limbung. Oleh karena itulah dibutuhkan harapan. Harapan inilah yang membuat kita semangat menjalani hidup sebab ada yang kita idamkan sebagai ekspektasi. Pastikan kita punya sekian hal penting yang ingin kita capai. Pecahlah target utama ke dalam target-target kecil agar bisa lebih mudah diwujudkan.

Yang paling penting, jangan sampai ikut-ikutan atau meniru target atau impian orang lain. Daftarlah kebutuhan atau keinginan apa saja yang sesuai dengan diri kita. Kalau kita ikut kata orang, dikhawatirkan kita bakal terbebani oleh standar dan ukuran yang berbeda antarpribadi. Maka pilihlah target dan tujuan yang khas dengan kondisi pribadi kita tanpa harus merasa malu karena telah menjadi diri sendiri. Tepat seperti peringatan pengarang Nigeria Jaachynma N.E. Egu agar kita tidak menduplikasi mentah-mentah impian yang belum tentu cocok.

2| Buat skala prioritas

Para pakar menganjurkan agar kita mengatur setiap kebutuhan menurut skala prioritas. Kemampuan menentukan mana yang kita prioritaskan akan membantu kita bisa tetap produktif. Memilah mana yang harus didahulukan berkontribusi positif pada terlaksananya pekerjaan atau tugas. Skala prioritas bisa menghemat waktu dan tenaga alih-alih mencurahkan seluruh sumber daya pada semua kegiatan tanpa prioritas. Akhirnya pekerjaan malah serbatanggung.

3 | Olahraga

Masa pandemi menuntut kita menjaga kesehatan dengan asupan makanan bergizi, terutama bahan-bahan alami seperti rempah, madu, dan sayuran agar imunitas tubuh tetap terpelihara. Selain itu, jangan lupa meluangkan waktu dalam sehari untuk berolahraga untuk menunjang kebugaran tubuh. Tak harus olahraga ekstrem atau high impact, gerakan sederhana seperti jogging dan bersepeda pun cukup asalkan kita kerjakan secara kontinu dan konsisten.     

4 | Manajemen waktu

Agar setiap aktivitas berjalan sesuai harapan, kita perlu menyusun jadwal yang terperinci. Kita bisa membuat daily planner untuk memastikan agar setiap tugas bisa diselesaikan secara berurutan menurut skala prioritas yang sudah dibuat. Yang paling penting dalam manajemen waktu adalah menetapkan tenggat atau batas waktu suatu pekerjaan/proyek agar bisa dilanjutkan atau digantikan dengan kegiatan lain. Jika sekiranya tak sanggup, kita bisa segera mencari bantuan.

5 | Perluas jaringan

Dalam hidup yang semakin kompetitif, memiliki jaringan atau network yang luas sangat bermanfaat. Ketika mentok dalam suatu hal, misalnya, kita bisa melibatkan orang lain dengan keterampilan yang berbeda tapi relevan. Jaringan juga berpotensi menjadi sumber inspirasi atau munculnya ide-ide segar. Belum lagi peluang meraup rezeki dari kerja sama atau kemitraan. Bergaul dan bertemu banyak orang juga membuat kita kian percaya diri.

6 | Bangun kolaborasi

Abad ke-21 adalah era kolaborasi. Sebagaimana tecermin dari empat skill yang harus dikuasai generasi muda saat ini yaitu 4C meliputi communication, creativity, critical thinking, dan collaboration. Agar sukses kita bukan cuma dituntut piawai berkomunikasi, tetapi juga kreatif, bisa berpikir kritis, dan yang tak kalah penting adalah kolaborasi. Lewat kolaborasi, hambatan bisa dipecahkan dan tugas-tugas bisa dituntaskan dengan lebih mudah dan cepat. Jadi kita hemat waktu, tenaga, dan pikiran.

7 | Manfaatkan teknologi

Ciri utama era Industri 4.0 adalah segala sesuatu yang serbaterkoneksi dengan bantuan Internet. Inilah era ketika Internet menyatukan kita semua. Maka tak heran IoT atau Internet of Things mendominasi. Bukan hanya komunikasi yang dilakukan secara digital. Bekerja, pesan makan atau tiket, belajar, hingga berjualan pun kini bisa dikerjakan berkat kecanggihan Internet. Selama pandemi berkepanjangan, manusia modern semakin mengandalkan Internet untuk menghindari kontak fisik langsung.

Online selling dan online shopping pun marak dan bergeliat. Berjualan secara daring menggunakan Internet dilirik karena sejumlah kelebihan. Pertama, lebih praktis dan murah sebab tak perlu toko fisik yang mahal. Kedua, konsumen yang dijangkau sangat luas bahkan nyaris tak terbatas hingga pasar global. Tanpa perlu sewa toko, maka margin keuntungan bisa lebih besar. Maka lahirlah peluang jadi reseller yang bertugas memasarkan tanpa harus memproduksi barang. Lebih nyaman dan aman bagi kedua pihak sebab pembayaran via transfer antarbank atau lewat dompet digital yang kian beragam.

Jadi diri sendiri dengan peranti memadai

Untuk mendukung produktivitas di era serbacepat, kita mesti pintar memilih peranti teknologi yang memadai. Yakni alat tempur sebagai bekal membidik peluang dan memuluskan kesuksesan. Bukan sembarang alat untuk memudahkan rutinitas sehari-hari, melainkan perangkat canggih yang membawa spirit keberanian dan kepercayaan diri. Inilah saatnya melirik VivoBook S14 S433, laptop keren besutan ASUS. Notebook ini didesain khusus untuk kawula muda dan siapa pun yang berjiwa muda.

Warna memikat, tampilan mewah

Bodinya tipis dan ringan, tampak begitu mewah berkat sasis logam berteksturnya dengan tepian diamond cut. Selain cantik, desain diamond cut yang berlekuk akan memudahkan kita untuk membukanya dengan cepat. ASUS VivoBook S14 S433 hadir dalam empat pilihan warna yang unik: Indie Black, Gaia Green, Dreamy White, dan Resolute Red. Kerampingan bodi dan opsi warna yang memikat jelas sesuai dengan kebutuhan anak muda saat ini yang mendambakan laptop yang ringan tapi tetap stylish.

Warna-warnik unik, kepribadian makin menarik.

Silakan pilih warna yang sesuai. Indie Black cocok untuk orang yang berjiwa kemandirian dan kepemimpinan tanpa kompromi. Warna ini pas untuk mereka yang selalu yakin bisa bertanggung jawab atas situasi apa pun, tanpa takut berbicara untuk orang lain. Seperti namanya, Gaia Green terinspirasi dari alam yang berarti Anda gampang beradaptasi dan membuka diri terhadap perubahan, terhadap apa pun yang dunia tawarkan.

Lalu Dreamy Silver tepat dimiliki orang-orang yang berani bermimpi. Mereka yang teguh untuk menggapai cita-cita dan merasa bangga atas apa yang ingin diraih. Sedangkan Resolute Red menunjukkan kekuatan dan berani tampil mencolok. VivoBook S14 S433 warna ini layak diboyong mereka yang berani melawan arus mainstream dan tidak takut dengan tanggapan orang. Nah, mana yang paling sesuai dengan kepribadian Anda?

Menawan tanpa beban

VivoBook S14 S433 adalah peranti unggul yang cocok untuk gen Z dan gen alpha. Bodi laptop ini sangat ramping sehingga bobotnya ringan. Dengan berat hanya 1,4 kilogram dan tebal 1,59 cm, bisa dibayangkan betapa portabel dan ringannya laptop ini, sangat pas untuk mendukung mobilitas tinggi. Jadi tak perlu terbebani ketika kita bepergian untuk traveling atau meeting dengan klien. Begitu langsingnya VivoBook seri ini, ia bisa disisipkan ke dalam backpack berukuran kecil jadi tetap nyaman, tak membebani punggung.

Bezel tipis bikin layar semakin lapang.

Penyebab utama VivoBook S14 S433 berbodi mungil dan ramping adalah teknologi NanoEdge Display yang ia adopsi. Teknologi ini bisa menciptakan bezel sangat tipis yang berdampak pada besarnya screen-to-body ratio hingga mencapai 85 persen. Layar jadi tampak lebih lega sehingga video yang kita tonton bisa lebih immersive. Artinya, tayangan apa pun di layar notebook ini bisa terlihat hidup dari berbagai sisi.

Tipis dan manis

Yang menakjubkan, VivoBook S14 S433 bisa mereproduksi warna pada color space sRGB hingga 100 persen. Dengan kata lain, inilah laptop idaman para content creator seperti travel blogger, fotografer, dan Youtuber berkat layar yang istimewa dengan sudut pandang yang lebar mencapai 178 derajat. Nonton dari samping pun tetap nyaman, jadi pas buat kongko bareng teman-teman. Dengan desain paling trendy dan sangat enteng dibanding laptop di kelasnya, VivoBook S14 S433 laptop adalah jawaban bagi pencarian kawula muda selama ini.

Bikin konten apa pun, gegas!

Sisi menawan VivoBook S14 S433 lainnya adalah keleluasaan yang ia berikan bagi pengguna untuk melakukan personalisasi. Tak ayal lagi, laptop ini cocok buat gen Z dan gen alpha, termasuk para eksekutif muda, untuk menunjang produktivitas mereka tapi tetap tampil gaya. Kemewahan desain dan keunikan warna diperkuat dengan area belakang layar yang polos.

Hanya ada tulisan “ASUS VivoBook”, menyisakan ruang kosong yang dalam dunia desain dikenal dengan istilah negative space. ASUS sengaja menyediakan ruang itu untuk ditempeli stiker eksklusif karya seniman visual Jakarta Muchlis Fachri atau yang kondang dengan sebutan Muklay. Silakan hiasi area itu  dengan berbagai stiker keren sesuai kepribadian Anda karena setiap pembelian VivoBook S14 S433 disertai paket stiker gratis. Asyik kan?   

Fitur canggih dan audio jernih

Bukan cuma berdesain mewah dan berbodi slim, VivoBook S14 S433 juga dilengkapi serangkaian fitur premium yang andal. Sebagai seri VivoBook tertinggi, fitur-fitur unggulannya antara lain fingerprint atau pembaca sidik jari untuk bisa login dengan cepat ke Windows 10 tanpa perlu memasukkan password. Makin asyik karena fingerprint ini sudah terintegrasi ke fitur Windows Hello pada Windows 10.

Dengan demikian, Windows Hello melindungi laptop kita agar tetap aman. Dilengkapi dengan teknologi fast charging dan backlit keyboard, VivoBook S14 S433 kian jadi primadona sebab pengecasan yang cepat akan menghemat waktu. Sedangkan backlit keyboard memungkinkan kita bekerja di mana saja bahkan di tempat yang minim cahaya. Keyboard yang menyala bisa menciptakan hiburan tersendiri yang bikin kita tetap semangat bekerja.

Audio jernih Harman/Kardon bikin ambience kerja nagih.

Yang paling saya suka, audio berkualitas premium sudah dibenamkan dalam VivoBook S14 S433. Tata suara dengan sertifikasi Harman/Kardon memang terkenal bening dan powerful. Sebagai penyuka musik saat bekerja, notebook ini dalah pilihan ideal. Belum lagi menonton podcast di Youtube atau film di laptop bersama keluarga, VivoBook S14 S433 tak bisa lagi ditawar; wajib menemani aktivitas sehari-hari kami. Kawula muda yang menganggap musik sebagai bagian dari identitas mereka akan dimanjakan oleh jaminan kualitas audio terbaik Harman/Kardon ini. Kreativitas membuncah, energi berkreasi berlimpah.

Konektivitas lengkap, performa hebat

VivoBook S14 S433 menyediakan konektivitas modern yang dibutuhkan setiap orang, terutama generasi muda yang kekinian. Sebut saja WiFi 6, modul WiFi 802.11ax yang merupakan teknologi komunikasi data nirkabel generasi terbaru. WiFi 6 akan menjamin pentransferan data 3x lebih cepat dibanding koneksi WiFi biasa. More to the point, kapasitas jaringannya bisa mencapai 4x lipat lebih banyak dengan tingkat latency hingga 75 persen lebih rendah.

Butuh transfer data secar cepat dan antilelet? Tenang, VivoBook S14 S433 dilengkapi port USB 3.2 (Gen 1) Type-C yang canggih. Kecepatan transfer data lewat port ini jauh lebih bagus. Jadi kita bisa menghubungkan laptop ini dengan berbagai perangkat eksternal lain yang mensyaratkan pemakaian USB Type-C sebagai interface-nya. Smartphone dan tablet berisi dokumen penting bisa dikoneksikan langsung tanpa kendala.

Prosesor gahar menjamin performa lancar.

Dari sisi kinerja, laptop tipis dan mungil ini ternyata hebat. Dengan otak prosesor Intel Core 10th Gen, performa VivoBook S14 S433 cukup tangguh tapi hemat daya. Prosesor Intel Core i5-10210U dengan empat core (inti) dan delapan thread rasanya cukup untuk berbagai kebutuhan, mulai dari komputasi ringan hingga pekerjaan berat. Setidaknya ini terlihat dari hasil uji menggunakan Cinebench R20 dan PCMark 10 yang menunjukkan skor memuaskan berikut ini.

Bagaimana dengan sisi grafisnya? ASUS menanamkan chip grafis NVIDIA GeForce MX250 di tubuh VivoBook S14 S433 dengan performa yang terbukti lancar bahkan untuk memainkan game e-sport atau game kasual. Skor di 3DMark pun tercatat lumayan. Ini benar-benar laptop idaman kawula muda karena bentuknya ringkas dan tipis tapi sektor grafis mumpuni untuk bikin konten.

Keunggulan lain ASUS VivoBook S14 S433 adalah digunakannya PCIe SSD sebesar 512 GB untuk menyimpan data. SSD atau Solid State Disk buatan Intel dirancang khusus menggunakan Optane Memory berkapasitas 32 GB. Optane Memory yaitu teknologi khusus yang dikembangkan oleh Intel dengan memanfaatkan memori tambahan sebagai cache. Walhasil, kecepatan SSD dalam membuka data yang sering diakses pun menjadi lebih cepat. Prosesor Intel yang hemat daya dan bertenaga membuat VivoBook S14 S433 semakin kencang dengan dukungan Optane Memory ini. Kawula muda bakal betah berdekatan terus dengan VivoBook S14 S433 tanpa mengeluh.

Keawetan baterai dan keunikan garansi  

Seringkali pekerjaan kita terhambat lantaran baterai laptop habis sementara sumber daya seperti colokan tak tersedia. VivoBook S14 S433 dibekali baterai berkapasitas 50 Whrs, jauh melampaui notebook sekelasnya. Untunglah prosesor yang dipakai adalah Intel Core 10th Gen yang memang didesain hemat daya, jadi notebook ini kuat dipakai sampai 12 jam. Begitu menurut skor pada PCMark 10 Battery dengan mode Modern Office. Siapa pun yang punya mobilitas tinggi wajib membekali dirinya dengan VivoBook S14 S433 agar tak waswas gara-gara harus sering mengecas.

Kalaupun ada spare part yang bermasalah, ASUS menawarkan garansi global 2 tahun untuk laptop, tak terkecuali VivoBook S14 S433. ASUS memberikan garansi selama 2 tahun yang benar-benar GRATIS. Semuanya gratis selama masa garansi, baik penggantian spare part ataupun biaya perbaikan. Kabar baiknya, sejak Januari 2020 ASUS menawarkan Perfect Warranty untuk pelanggan.

Garansi unik dengan subsidi 80%

Perfect Warranty adalah garansi eksklusif selama tahun pertama masa garansi laptop ASUS. Layanan premium ini meng-cover 80% biaya perbaikan dan penggantian spare part untuk kerusakan-kerusakan akibat kecerobohan kita sebagai pelanggan. Selama setahun penuh, ada subsidi sebesar itu dari ASUS yang membuat hati kita tenang karena pengeluaran kita jadi berkurang.

Produktivitas karena produk berkualitas

Penghematan biaya seperti itu termasuk salah satu jurus produktif di tengah pandemi karena uang tak gampang dihamburkan. Membeli produk bermutu buatan ASUSboleh dibilang salah satu prioritas karena produknya awet dan kinerjanya bisa diandalkan. ASUS patut dipilih karena ia produsen teknologi yang telah 30 tahun bergelut di industri ini.

Sebagai buktinya, jika kita sebut motherboad, maka nama ASUS-lah yang terbayang di pikiran. Asosiasi kuat itu terbangun karena fakta di lapangan menunjukkan bahwa 1 dari 3 komputer di dunia menggunakan motherboard ASUS. Sejak 1989 ada 500.000.000 motherboard ASUS yang dipercaya konsumen dunia. Meyakinkan banget kan portofolio mereka? Tepat seperti pendapat para reviewer saat menjajal performa VivoBook S14 S433 berikut ini.

8| Berdoa dan berserah

Tujuh jurus atau kiat produktif yang saya sebutkan di atas akan semakin lengkap jika kita imbangi dengan kepasrahan kepada Tuhan. Sebagai makhluk beragama, penyerahan hasil kepada Sang Pencipta setelah kita berikhtiar maksimal adalah keniscayaan yang nikmat. Saya sebut nikmat karena hasil apa pun yang kita raih tetap kita syukuri sebagai skenario terbaik untuk kita. Gagal atau berhasil kadang soal perspektif saja.

Selalu ada berkah dan peluang di balik keputusan-Nya. Kalau usaha kita sudah optimal, yang kita nantikan adalah hasil yang potensial. Yang penting kita tidak berhenti belajar atau cepat menyerah hanya karena kenyataan tak sesuai harapan. Seperti halnya pandemi saat ini, tentu tidak kita kehendaki.

Namun fakta di depan mata menuntut kita untuk bersabar dan berjuang agar bisa bertahan. Dengan cara menerapkan jurus-jurus hidup produktif tanpa meninggalkan kepribadian atau identitas kita yang sebenarnya. So, be bold and dare to be you! Do your best and incredible result will follow.

Specs ASUS VivoBook S14 S433

Main Spec.ASUS VivoBook S14 (S433)
CPUIntel® Core™ i7-10510U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.9 GHz) Intel® Core™ i5-10210U Qufnad Core Processor (6M Cache, up to 4.2 GHz)
Operating SystemWindows 10
Memory8GB DDR4 RAM
Storage512GB M.2 NVMe™ PCIe® SSD with 32GB Intel® Optane™ Memory
Display14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) NanoEdge Display, 100% sRGB
GraphicsNVIDIA GeForce MX250 with 2GB GDDR5 VRAM Integrated Intel HD Graphics 520             
Input/Output1x USB 3.2 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, HDMI, Audio Jack, MicroSD card reader
Camera720p HD camera
ConnectivityWi-Fi 6(Gig+)(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioBuilt-in speaker, Built-in microphone, Audio by ICEpower®//harman/kardon (Mainstream)
Battery50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension32.40 x 21.30 x 1.59 ~ 1.59 cm
Weight1.4Kg with battery
ColorsGaia Green, Resolute Red, Dreamy White, Indie Black
Warranty2 tahun garansi global
Harga Rp13.999.000Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-10210U/NVIDIA® GeForce® MX250/8G/512G PCIe+32GB M.2 SSD(Intel TG)
            Rp15.999.000Windows 10 Home/Intel® Core™ i7-10510U/NVIDIA® GeForce® MX250/8G/512G PCIe+32GB M.2 SSD(Intel TG)

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Menulis “ASUS VivoBook S14 S433 – Dare To Be You

11 thoughts on “Jurus Produktif Saat Pandemi

  1. managemen waktu ini pprioritas buat saya mas, selalu atur waktu untuk kegiatan esok hari, biar kerjaan siap tepat waktu, jadi lebih produktif. kalau kelar bisa rencanakan ke kegiatan berikutnya

    Like

    1. Sama, Mas. Ini jadi problem kebanyakan orang karena butuh konsistensi dan ketertiban. Kudu benar-benar memaksa diri buat patuh jadwal yang sudah dibikin. Semoga dilancarkan ya saat pandemi begini, justru jadi momentum buat bangkit.

      Like

  2. Memang berat tantangan hidup sekarang ya, kudu kreatif dan semangat berusaha apa aja. Online selling paling favorit emang karena murah dan praktis, bisa jualan apa aja hehe. Kalau pekerja kreatif mesti punya ASUS vivobook yang ini ya, modelnya keren dan fiturnya beneran premium. Mupeng jadinya 😀

    Like

    1. Walau berat tapi kita jangan menyerah. Insyaallah selalu ada peluang yang bisa kita manfaatkan. Dengan jurus produktif yang efektif, ditambah alat tempur yang tepat seperti VivoBook S14 S433 kita bisa yakin pekerjaan kelar dan bikin apa saja semakin mudah dengan berbagai keunggulannya.

      Like

    1. Semoga ada rezeki buat ganti alat tempur buat kerja ya. Asus emang memuaskan kan, aku pernah nyobain punya sepupu juga bagus laptopnya. Mau nabung juga aku 😆💯

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s